BATULICIN – Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Tanah Bumbu (Diskominfo Kab Tanbu) menerima kunjungan dari Poltek Negeri Tanah Laut, Jurusan Teknik Informatika (TI), Jum’at, (26/04/2019).

Kunjungan Poltek Negeri Tala diterima langsung oleh Kepala Dinas Kominfo Tanbu, Ardiansyah, Sekretaris Diskominfo, Riza Akhyari, serta Kabid dan Kasi di Diskominfo Tanbu.

Jaka Permadi, Dosen TI Poltek Negeri Tala, mengatakan maksud dan tujuannya ke Diskominfo Tanah Bumbu dalam rangka penyesuaian dan evaluasi kurikulum pada jurusan di Politeknik Negeri Tanah Laut (Poltek Negeri Tala).

“Kedatangan kami ke Tanah Bumbu dalam rangka singkronisasi kurikulum dan menerima masukan serta saran terkait kurikulum apa saja yang perlu dikembangkan di Poltek Negeri Tala pada tahun 2019,” sebutnya.

Menurutnya, semua masukan yang diterima dari hasil kunjungan ke beberapa Kabupaten/Kota dan Industri di Kalsel ini sangat penting bagi Poltek dalam menyusun kurikulum baru. Dan tentunya diharapkan pula kedepannya lulusan Poltek Negeri Tala menjadi tenaga yang handal dan siap pakai.

Selain ke Tanbu, sebut Jaka Permadi, pihaknya juga melakukan kunjungan ke Pemerintah Kota Banjarmasin, Pemerintah Kabupaten Tanah Laut, dan juga sejumlah industri yang ada di Tanbu.

Disamping itu, lanjut Dosen Teknik Informatika, kunjungan ke Tanah Bumbu juga untuk melihat bagaimana perkembangan teknologi informasi di Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu.

Sementara itu, Kepala Dinas Kominfo Tanbu Ardiansyah menyambut baik kedatangan Dosen Poltek Negeri Tanah Laut di Bumi Bersujud.

“Atas nama Pemkab Tanbu kami menyambut baik dan mengucapkan terimakasih dengan adanya kunjungan ini. Semoga kunjungan ini selain menambah pengetahuan dan wawasan kita bersama, diharapkan pula dapat mempererat tali silaturahmi diantara kedua belah pihak dan memberikan kontribusi nyata bagi pembangunan di daerah masing-masing,” ujar Ardiansyah.

Dalam pertemuan tersebut, Kadis Kominfo Tanbu memberikan saran dan masukan agar perguruan tinggi bisa menambah waktu program kerja lapangan agar lulusan yang dihasilkan siap pakai sebagaimana yang dibutuhkan oleh instansi pemerintah, swasta, dan dunia usaha.

Sekretaris Diskominfo Tanbu, Riza Akhyari, dalam pemaparannya mengatakan arah pembangunan IT di Tanah Bumbu searah dengan upaya Kementerian Komunikasi dan Informatika untuk mewujudkan Indonesia Smart Nation.

Arah menuju Indonesia Smart Nation tersebut sudah dijalankan oleh Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu melalui Smart Government.

Saat ini Tanah Bumbu sudah memiliki aplikasi mobile yang diberi nama Smart Government Tanah Bumbu yang merupakan aplikasi terpadu yang memberikan informasi mengenai pelayanan pemerintah kepada masyarakat luas.

Selain Smart Government, saat ini Diskominfo Tanbu juga menjalankan Smart People melalui Program Rawa Batik melibatkan pelajar jurusan teknologi informasi yang ada di Tanah Bumbu untuk dilatih cara membuat aplikasi dan sebagainya.

“Kedepannya pembangunan TI di Tanbu juga diarahkan pada Smart Economy dengan melibatkan dunia usaha,” sebutnya.

Adapun target kedepan yang ingin dicapai dengan Smart Government tersebut yaitu TI dapat membudaya di Tanah Bumbu sehingga masyarakatnya menjadi smart terhadap teknologi dan diharapkan tumbuh dan berkembangnya ekonomi berbasis digital di Bumi Bersujud disamping mampu meningkatkan pelayanan publik bagi masyarakat. (Rel)